Surat undangan Kelas Jurnalistik PPMI DK Makassar (Doc. Ist)

BIOma – Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) Dewan Kota Makassar akan segera laksanakan kegiatan “Kelas Jurnalistik” pada Sabtu – Minggu, 12 – 13 September 2020 di Taman Belajar Ininnawa, Kabupaten Maros. Pelatihan yang terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan ini terbuka untuk delegasi tim dari berbagai Lembaga Pers Mahasiswa. Kelas Jurnalistik kali ini hadir dengan mengusung topik “Jurnalisme Lingkungan”. Sebelumnya, kegiatan Kelas Jurnalistik telah dilakukan beberapa kali dengan tema dan topik yang berbeda.

Menurut penuturan Sekretaris Jenderal PPMI DK Makassar, Freedy Samuel Tuerah, topik “Jurnalisme Lingkungan” dipilih untuk menilik pentingnya peran Lembaga Pers Mahasiswa dalam masalah lingkungan. Dalam hal ini, Lembaga Pers Mahasiswa dituntut untuk lebih banyak berperan ke masyarakat termasuk turun langsung dalam peliputan isu terkait masalah lingkungan yang terjadi di Indonesia bahkan di dunia.

Pengangkatan tema ini berdasarkan salah satu contoh kejadian yang terjadi di dunia yakni penambangan secara membabi-buta, dengan tidak mempertimbangkan AMDAL dan sejenisnya. Bahkan seharusnya ada gerakan atau kontribusi dari pers mahasiswa itu sendiri terkait apa yang terjadi,” tutur Freedy.

Melalui wawancara via WhatsApp, Freedy juga mengutarakan harapan terkait pelaksanaan Kelas Jurnalistik tersebut.

Semoga ilmu yang akan didapatkan di kelas dan di pelatihan nantinya bisa diaplikasikan ke masyarakat luas dan juga bisa berbagi ilmu ke kawan-kawan sesame pers mahasiswa dan turut mengambil peran juga kedepannya.” harapnya.

Kelas Jurnalistik ini nantinya akan dihadiri oleh delegasi dari setiap Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) maksimal berjumlah lima orang dengan biaya kontribusi sebesar Rp. 30.000,-/LPM.

Reporter: Nur Afni

Loading

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *