Foto bersama MAWAPRES FMIPA UNM Tahun 2020 dengan Para Pimpinan (11/09) (Doc. LPM BIOma)

BIOma– Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali melahirkan mahasiswa-mahasiswa terbaik sebagai mahasiswa berprestasi tahun ini atau yang biasa kita kenal dengan sebutan MAWAPRES. MAWAPRES merupakan singkatan dari Mahasiswa Berprestasi, program ini merupakan event atau lomba yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Seleksinya dimulai dari tingkat jurusan, kemudian tingkat fakultas, tingkat universitas dan tentunya tingkat nasional.

MAWAPRES FMIPA UNM Tahun 2020 berhasil diraih oleh Rabi’a dari Pendidikan Geografi ICP Angkatan 2017 meraih MAWAPRES Terbaik I, Zakia Asrifah Ramly dari Pendidikan Biologi Angkatan 2017 meraih MAWAPRES Terbaik II, dan Rahmawati dari Pendidikan Matematika kelas Pare-pare Angkatan 2019 meraih MAWAPRES Terbaik III.

Foto bersama para MAWAPRES FMIPA UNM Tahun 2020 (11/09) (Doc. LPM BIOma)

Rabi’a membagi sedikit informasi mengenai hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum mengikuti event ini antara lain, Indeks Kumulatif Prestasi (IPK) minimal 3.00 dan 3.50 keatas jauh lebih baik. Poin penting dalam penilaian mahasiswa berprestasi adalah prestasi serta keaktifan peserta dalam kegiatan keorganisasian mahasiswa.

Rabi’a sebagai MAWAPRES Terbaik I telah meraih banyak prestasi selama menjadi mahasiswa antara lain telah aktif dalam kepenulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) ditingkat nasional, mengikuti Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) dan juga aktif ataupun sering ikut lomba penulisan kisah inspiratif dan sudah ada beberapa yang telah dibukukan. Selain itu Rabi’a juga aktif dalam lembaga keorganisasian.

Zakia Asrifah Ramly yang meraih MAWAPRES Terbaik II mengungkapkan rasa syukurnya atas apa yang telah dia raih. Menurutnya, prestasi itu bukanlah sekadar gelar melainkan perjuangan yang telah dilalui.

Prestasi itu hanya sebuah hadiah yang penting itu adalah perjuangannya. Nah untuk mendapatkan sebuah prestasi yang saat ini, itu tentunya tidak mudah, butuh perjuangan lebih, kemudian perlu keringat, perlu air mata yang itu orang tidak tahu. Menurut saya sebuah prestasi itu bukan tentang bagaimana gelarnya tapi bagaimana perjuangannya. Jadi perasaan saya tentu sangat senang, saya juga bisa membuat orangtua saya bangga melihat saya berdiri saat ini dengan predikat Mahasiswa Berprestasi.” ungkapnya.

Sementara itu, Rahmawati juga menyampaikan ungkapan rasa senangnya yang merupakan kandidat termuda yang meraih MAWAPRES terbaik III dari Angkatan 2019.

Saya merasa masih terlalu cepat untuk mengikuti event ini karena prestasi saya masih minim dibandingkan dengan kandidat yang lain selama kuliah. Saya sangat bersyukur dan berharap kedepannya saya bisa lebih meningkatkan prestasi.” tuturnya.

Diakhir wawancara, Rabi’a berpesan untuk para mahasiswa yang ingin mengikuti event MAWAPRES ini lebih mempersiapkan diri baik dalam dalam bidang IPK, Speak English, Public Speaking, dan prestasi selama menjadi mahasiswa di Universitas Negeri Makassar.

Alhamdulillah, seketika saya sujud syukur ketika mendengar kabar sebagai Mahasiswa Berprestasi I FMIPA UNM, pesan saya kepada adik-adik yang ingin mendaftar MAWAPRES selanjutnya, ditahun-tahun yang akan datang lebih mempersiapkan diri lagi dalam bidang IPK, Speak English, Public Speaking, dan tentu saja prestasinya. Karena pada saat mendaftar Mahasiswa Berprestasi kita diwajibkan melampirkan maksimal 10 prestasi terbaik kita selama menjadi mahasiswa di Universitas Negeri Makassar tentunya.” ujarnya.

Reporter: Rifka Almunawarah dan Nurinayah Nurdin

Loading

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *