Pelaksanaan salah satu program kerja KKN UNM di desa Batu Gading yaitu senam sehat (Doc. Ist)

BIOma – Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Angkatan XLIII Tahun 2020 Universitas Negeri Makassar (UNM) telah berjalan selama 44 hari (04/11) terhitung sejak dimulainya pada tanggal 21 September 2020 lalu dan telah tersebar diberbagai pelosok, salah satunya di Desa Batu Gading, Kecamatan Mare, Kabupaten Bone. Mahasiswa KKN yang ditempatkan di desa tersebut berasal dari berbagai jurusan, diantaranya adalah Jurusan Ilmu Keolahragaan, Jurusan Ekonomi Pembangunan dan Jurusan Biologi.

Berdasarkan dari hasil seminar program kerja yang telah dilaksanakan pada Jum’at (02/10) lalu, mahasiswa KKN di Desa Batu Gading telah menetapkan beberapa program kerja, diantaranya: (1) senam sehat untuk meningkatkan imunitas dalam mencegah COVID-19, (2) mengajar bahasa Inggris, (3) mengaji, (4) Jum’at bersih, dan (5) pertanian sehat. Selain memberikan gambaran kepada warga terkait program kerja yang akan dijalankan, pelaksanaan seminar juga memberikan edukasi serta pemahaman kepada warga sekitar akan pentingnya mencegah virus COVID-19.

Muhammad Ainun Chaer merupakan salah satu mahasiswa dari Jurusan Biologi sekaligus selaku Koordinator Kecamatan telah menuturkan bahwa senam merupakan salah satu program kerja yang dilaksanakan dua kali dalam sepekan dan hal tersebut direspon baik oleh warga di desa setempat.

Salah satu program kerja yakni senam sehat banyak diikuti oleh kalangan ibu-ibu dan anak-anak. Kegiatan tersebut dilaksanakan setiap pagi dan sore pada Sabtu dan Minggu. Dalam hal ini, mahasiswa KKN berperan memfasilitasi warga setempat dengan menyediakan alat speaker, laptop, dan video senam dan kegiatan senam ini mendapatkan respon baik oleh warga Desa Batu Gading,“ tutur mahasiswa angkatan 2016 tersebut.

Pria asal Bone tersebut juga berharap agar seluruh kegiatan yang telah dilaksanakan tersebut dapat bermanfaat bagi warga.

Semoga kegiatan-kegiatan yang dilakukan di Desa Batu Gading bisa bermanfaat untuk warga setempat, dan semoga kegiatan tersebut terus berlanjut ke depannya,” harapnya.

Selain Muhammad Ainun Chaer, Awaluddin Muin selaku Dosen Pembimbing KKN berharap agar hubungan silaturahmi antar warga tetap terjalin dengan baik serta mematuhi protokol kesehatan.

Agar menjalankan program dengan baik hingga KKN berakhir, tetap menjalin hubungan silaturahmi dengan warga sekitar, jaga kesehatan dan tetap jalankan protokol kesehatan.” harapnya.

Reporter : Ariani Agustini dan Nur Afni

Loading

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *