BIOma – Pendaftaran Beasiswa Unggulan (BU) telah dibuka mulai tanggal 1 Juli hingga 15 Agustus 2021. Pendaftaran diakses melalui laman puslapdik.kemdikbud.go.id. Pendaftaran BU ini dapat dilakukan melalui kampus, baik PTN maupun PTS dengan menyerahkan berkas pendaftaran ke kampus masing-masing dan mengikuti proses seleksi berikutnya.

Beasiswa Unggulan Kemendikbud Ristek merupakan dukungan dan upaya pemerintah dalam memperkecil kesenjangan tingkat pendidikan di tengah masyarakat. Layaknya beasiswa pada umumnya, benefit beasiswa ini juga menanggung seluruh biaya pendidikan bagi penerimanya seperti biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT), biaya praktikum, biaya buku, dan lain sebagainya. Adapun pesyaratan umum untuk pendaftaran Beasiswa Unggulan 2021 yaitu: (1) Diutamakan bagi peserta yang mempunyai sertifikat yang membuktikan prestasi akademik minimal di tingkat kabupaten, (2) Mendapatkan rekomendasi dari institusi terkait, (3) Tidak sedang mendapatkan beasiswa sejenis dari sumber lain, (4) Membuat esai, dan (5) Diterima pada perguruan tinggi terakreditasi.

Dilansir dari laman akupintar.id, tahun ini terdapat beberapa kebijakan bagi penerima Beasiswa Unggulan Kemendikbud Ristek. Ketentuan – ketentuan tersebut mencakup: beasiswa dipotong/dikurangi sebesar 5% dari keseluruhan biaya yang diberikan bila Indeks Prestasi (IP) mahasiswa kurang dari 3.00 untuk S1 dan 3.25 untuk S2/S3, penerima beasiswa dengan IP kurang dari 3.00 untuk S1 dan 3.25 untuk S2/S3 selama dua semester berturut-turut dapat dikenai sanksi pembatalan sebagai penerima beasiswa.

Kemendikbud Ristek juga dapat memberikan sanksi pengembalian dana beasiswa ke kas negara apabila : (1) Mahasiswa menerima beasiswa dari sumber lain dengan komponen beasiswa yang sama, (2) Pindah program studi, (3) Pindah perguruan tinggi, (4) Berhenti kuliah, dan (5) Mengundurkan diri sebagai penerima Beasiswa Unggulan Kemendikbud. Berdasarkan hal tersebut, mahasiswa penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah tentunya tidak diperbolehkan untuk mendaftar pada beasiswa ini. Namun, bagi mahasiswa yang memerlukan biaya penunjang pendidikan, tentu Beasiswa Unggulan Kemendikbud Ristek 2021 patut untuk dipertimbangkan.

Reporter : RM 4

Loading

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *