Dekan FMIPA UNM saat membuka kegiatan Seminar Nasional Kewirausahaan HMJ Geografi FMIPA UNM (06/10) (Doc. LPM BIOma)

BIOma – Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi (HMJ) Geografi Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM)) laksanakan Seminar Nasional Kewirausahaan dengan mengusung tema “Adaptasi Nilai-Nilai Berwirausaha dari Masa ke Masa Guna Menunjang Jiwa Wirausahawan Muda“. Kegiatan ini bertempat di Ruang Teater FMIPA UNM, Rabu (06/10).

Seminar kewirausahaan kali ini bertujuan untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan mahasiswa serta mencapai dan mewujudkan visi misi universitas, fakultas, dan jurusan dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi mahasiswa. Seminar hari ini menghadirkan pembicara kehormatan atau keynote speaker yaitu Ramli Umar selaku Ketua Lembaga Inovasi dan Pengembangan Kewirausahaan (LIPK) UNM dan Alimuddin. Selain itu, ada pula dua pembicara lainnya yaitu Rijal Djamal selaku Publik Speaker, Creative Preneur dan Content Creator, serta Rosmini Maru selaku Ketua Prodi Program Pascasarjana Pendidikan Geografi UNM. Seminar ini dilaksanakan secara blended yang dihadiri oleh 386 pesert , 100 peserta hadir secara offline dan 286 hadir di virtual room Zoom Meetings.

Dekan FMIPA UNM, Suwardi Annas, memberikan sambutan sekaligus membuka acara seminar tersebut.

Melihat data Badan Pusat Statistik, salah satu karakteristik Indonesia adalah angka pengangguran cukup tinggi yang dihadapi oleh tenaga kerja muda usia 15 sampai 24 tahun, jauh lebih tinggi dari angka rata-rata pengangguran secara nasional. Hal tersebut sejalan dengan jumlah penduduk yang belum mendapatkan pekerjaan dan belum mendapatkan peluang untuk membuka lapangan pekerjaan. Adanya seminar ini dapat membantu mahasiswa menyusun masa depannya yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan agar dapat mencetak mahasiswa unggul secara nasional bahkan dikenal secara internasional,” sambutnya.

Ketua Panitia, Muhammad Arjun, mengutarakan harapannya terkait kegiatan seminar ini.

Semoga dengan seminar kewirausahaan ini mahasiswa dapat mengaktualisasikan diri setelah mendapatkan stimulus dari beberapa pemateri sehingga dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan muda,” harapnya.

Salah satu peserta seminar tersebu, Syahrim Aidin, juga mengungkapkan kesan dan harapannya mengikuti seminar tersebut.

Menurut saya, seminar ini sangat bagus untuk mahasiswa sebagai bekal mahasiswa untuk menjadi enterpreneur ke depannya. Untuk saya sendiri, semoga dapat mengaktualisasikan diri dalam bidang kewirausahaan sehingga dapat bermanfaat bagi sekitar saya dengan seminar ini juga semoga dapat menjadi dasar awal bagi mahasiswa untuk menumbuhkan jiwa-jiwa berwirausaha di usia muda. Harapan saya semoga saya dapat menerapkan ilmu-ilmu yang diberikan pembicara hari ini,” harapnya.

Reporter : Nur Afni

Loading

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *