Kartu KIP Kuliah (Doc.Int)

BIOma – Kartu Indonesia Pintar (KIP) adalah program yang dirancang oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek) untuk membantu calon mahasiswa yang terkendala biaya agar tetap mendapatkan hak untuk menjenjang pendidikan tinggi. Tahun ini pemerintah membuka kembali bantuan KIP Kuliah Merdeka yang akan diberikan kepada 200 ribu mahasiswa penerima KIP Kuliah yang dapat menjamin keberlangsungan hidup mahasiswa dan biaya kuliah. Pembuatan akun siswa sudah dibuka pada tanggal 2 Februari dan ditutup pada 31 Oktober 2022 mendatang.

KIP Kuliah Merdeka memiliki beberapa persyaratan, diantaranya: (1) Penerima  KIP Kuliah Merdeka lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), atau lulusan sederajat yang lulus maksimal 2 (dua) tahun, (2) Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui semua jalur masuk Perguruan Tinggi Akademik dan Perguruan Tinggi Vokasi serta diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS) pada Program Studi yang telah terakreditasi secara resmi dan tercatat pada sistem akreditasi nasional perguruan tinggi, (3) Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi atau berasal dari keluarga miskin/rentan miskin dan/atau dengan pertimbangan khusus yang didukung bukti dokumen yang sah.

KIP Kuliah Merdeka ini juga memiliki keunggulan, seperti pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi, pembebasan biaya kuliah/ pendidikan, dan bantuan biaya hidup. Untuk pendaftaran KIP Kuliah Merdeka dapat dilakukan dengan cara mendaftar pada laman KIP Kuliah Merdeka, yaitu kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau dengan cara mobile yakni mengunduh dan melakukan instalasi KIP Kuliah Merdeka mobile apps.

Langkah-langkah yang perlu dilakukan saat pendaftaran, yaitu: (1) Siswa memasukkan Nomor Induk Keluarga (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan alamat email, (2) Melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah, (3) Memasukkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses untuk menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah, (4) Memilih proses seleksi yang akan diikuti ke dalam SIM KIP Kuliah, (5) Menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau SIM KIP Kuliah sesuai jalur seleksi yang dipilih pada seleksi nasional atau pada seleksi masuk di perguruan tinggi. Jika dinyatakan diterima, maka akan diverifikasi lebih lanjut oleh perguruan tinggi sebelum diusulkan ke Pusat Pelayanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah Merdeka.

Reporter : Auliana Bestary Isma

Loading

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *