Ilustrasi public speaking salah satu soft skill yang harus dimiliki (Doc. Int)

BIOma – Mempersiapkan diri untuk menjadi dewasa di masa depan tidak pernah mudah bagi remaja. Di usia ini, seseorang akan segera membuat keputusan yang akan memengaruhi masa depannya. Oleh karena itu, sangat penting untuk mulai berpikir tentang bagaimana cara meraih impian di masa depan.

Ada beberapa sifat dan keterampilan utama yang harus dimiliki remaja untuk membantunya mencapai impian tersebut. Seiring berkembangnya teknologi, mahasiswa harus mengikuti perubahan dan perkembangan zaman. Skill dan pengetahuan yang dibutuhkan juga harus semakin meningkat. Untuk menghadapi masa depan, banyak yang perlu dipersiapkan. Tidak hanya akademik, namun juga hard skill dan soft skill. Soft skill berkaitan dengan kemampuan berkomunikasi atau atribut personal yang dibutuhkan untuk menunjukkan performa baik di dalam sebuah pekerjaan atau komunitas. Berbanding terbalik dengan hard skill, keterampilan ini cenderung lebih bisa diukur, diuji, dan dievaluasi.

Dilansir dari Merdeka.com, Soft Skills yang penting dimiliki remaja, yaitu: (1) Public speaking, soft skill pertama yang cukup penting dan berpengaruh adalah public speaking. Melatih kemampuan public speaking dapat dilakukan dengan presentasi di kelas. Hal ini sangat berguna untuk mempermudah dalam berkomunikasi di depan banyak orang, (2) Leadership, leadership juga menjadi salah satu soft skills yang sering jadi pertimbangan saat seseorang masuk ke dunia kerja, (3) Komunikasi, skill ini harus dikuasai agar tidak terjadi miss-komunikasi pada saat masuk di dunia kerja, (4) Negosiasi, kemampuan negosiasi juga harus ditingkatkan, agar bisa lebih mudah mencapai kesepakatan dengan orang lain, (5) Manajemen waktu, manajemen waktu merupakan soft skills yang penting untuk dimiliki oleh semua orang. Hal ini akan memudahkan saat sudah masuk di dunia kerja nantinya (6) Networking, menambah koneksi dengan lebih luas, akan mempermudah mendapatkan pekerjaan, bantuan dan faktor lainnya. Hal ini bisa dicapai dengan kemampuan berkomunikasi yang baik, (7) Bekerja sama dalam tim, dalam dunia kerja terkadang kita harus dihadapkan oleh bermacam-macam orang dengan karakter yang berbeda. Memiliki kemampuan untuk bisa bekerja sama dalam tim merupakan skill yang penting, (8) Berpikir kritis, mencerna, dan mengeluarkan ide yang kreatif pada saat menghadapi suatu permasalahan di dunia kerja. Selain itu, juga harus berlatih untuk selalu menumbuhkan rasa percaya diri, dan (9) Mampu berbahasa asing, sudah saatnya beralih untuk menguasai bahasa asing. Apalagi di era seperti sekarang, menguasai satu bahasa saja tidak cukup. Globalisasi dan MEA sudah terjadi, ini menuntut untuk mampu berbahasa asing.

Reporter: Herlianty Tri Dimas Ayuningtias

Loading

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *