Kemuliaan malam Lailatul qadar (Doc. Int)

BIOma – Bulan suci Ramadan adalah bulan istimewa bagi umat islam untuk melaksanakan ibadah, yakni puasa ramadan. Bulan ramadan juga merupakan bulan diturunkannya Al-Quran. Al-Qur’an yang merupakan firman Allah turun ke dunia untuk menjadi pedoman bagi seluruh umat manusia terutama umat muslim dalam menjalankan segala aktifitasnya di dunia. Turut di bulan ramadan, malaikat Jibril turun untuk mendengarkan bacaan Al-Quran dari Rasulullah SAW (baca manfaat membaca Alqur’an). Maka dari itu, tidaklah heran jika di bulan ramadan Rasulullah SAW lebih banyak membaca Alqur’an.

Dalam bulan ramadan terdapat Malam Lailatul Qadar yang sangat dinantikan oleh seluruh umat muslim. Para malaikat akan turun dari langit membawa keberkahan dan kebaikan. Pada 10 hari terakhir bulan ramadan, di dalamnya terdapat banyak sekali kebaikan serta ganjaran pahala yang melimpah. Selain itu, pada 10 hari terakhir bulan ramadan terdapat keistimewaan dan keutamaan yang tidak dimiliki di bulan lain. Hal ini disampaikan dalam sabda Rasulullah SAW bahwasannya ketika memasuki 10 hari terakhir bulan ramadaan, beliau bersungguh-sungguh melaksanakan ibadah dibanding hari lainnya.

Amalan malam Lailatul Qadar yang dapat dilakukan, yakni: (1) Meningkatkan semangat dalam beribadah. Di sepuluh malam terakhir Ramadan, hendaknya kita hidupkan dengan berbagai amalan, mengajak keluarga untuk ikut serta dan memperbanyak membaca Al Quran serta dzikir (2) Mendirikan salat subuh dan isya berjamaah. Amalan ini sebagaimana yang pernah dinukil oleh Imam Asy-Syafi’i dalam Al-Umm dari sekelompok ulama Madinah, dan dinukil pula sampai pada Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma disebutkan, “Menghidupkan malam lailatul qadar itu bisa dengan melaksanakan salat Isya berjamaah dan bertekad untuk melaksanakan shalat subuh secara berjamaah.

Dilansir dari Kompas.com, di sepuluh malam terakhir ini alangkah baiknya kita melakukan berbagai amalan agar tidak menjadi malam yang sia-sia, seperti: (1) Tadarus Al-Qur’an, Tadarus atau membaca Al-Qur’an memiliki keutamaan yang sangat luar biasa, sebagaimana yang disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW bahwa di dalam satu huruf dari Al-Qur’an terdapat satu kebaikan, (2) Memperbanyak Do’a, sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya bahwa Rasulullah menganjurkan kepada kita untuk mempebanyak do’a kepada Allah dan mengharap ampunan-Nya, (3) Dzikir, dzikir merupakan ibadah yang sangat mudah diterapkan oleh kita semua, dimanapun dan kapanpun. Rasulullah SAW bahkan memberikan perumpaan bagi orang yang berdzikir dengan yang tidak, yakni seperti orang yang hidup dengan orang yang mati, (4) Iktikaf, iktikaf ialah amalan ibadah berupa berdiam diri di masjid dengan tujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Reporter: Herlianty Tridimas Ayuningtias

Loading

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *