Pelatihan pembuatan pupuk organik (Doc. Ist)

BIOma – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) Periode 2022 mengadakan pelatihan kepada para volunteer Biologi Peduli Masyarakat (BPM) 2022 dengan tema “Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair Kulit Kacang Tanah”. Kegiatan ini dilaksanakan di kantin FMIPA UNM pada pukul 13.00 WITA-selesai, Selasa (05/07).

Pemberian pelatihan ini merupakan salah satu agenda sebelum dilaksankannya BPM 2022 yang dibawakan langsung oleh kakanda Awal Nur Rahmat. Kegiatan pelatihan ini terdiri dari  pemberian materi kepada volunteer terkait pembuatan pupuk cair dari kacang tanah yang kemudian dilanjutkan dengan praktek langsung dalam membuat pupuk cair dari kacang tanah dan kotoran sapi tersebut.

Widya Putryana selaku salah satu volunteer BPM 2022 menuturkan ilmu yang dia dapatkan dari pelatihan tersebut.

“Ilmu yang saya dapat dari pelatihan pembuatan pupuk cair dari kacang tanah, saya mengetahui apa itu pupuk, apa itu pemupukan, klasifikasi dari pupuk, cara pembuatan pupuk cair dan padat, perbedaan antara pupuk cair dan padat, dan bahan- bahan yang digunakan dalam pencampuran pupuk,” tuturnya. 

Awal Nur Rahmat, selaku pemateri juga menyampaikan harapannya agar para volunteer dapat memahami dan mengaplikasikan pelatihan ini dengan baik.

“Kalau harapan saya untuk volunter, semoga dari materi mengenai pupuk organik cair dan pembuatannya betul-betul dipahami dan diaplikasikan pada saat kegiatana biologi peduli masyarakat,” tuturnya.

Reporter : RM 4

Loading

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *