Provinsi Sulawesi Selatan (Doc.Int)

BIOma – Sulawesi Selatan merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia yang terletak di Pulau Sulawesi. Provinsi Sulawesi Selatan memiliki ibu kota Makassar. Provinsi ini berbatasan langsung dengan Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat di utara, Teluk Bone dan Sulawesi Tenggara di timur, Selat Makassar di barat dan Laut Flores di Selatan.

Sulawesi Selatan memperingati hari lahir setiap tanggal 19 Oktober. Tanggal 19 Oktober 2022 ini dilaksanakan peringatan hari lahir Sulawesi Selatan yang ke-353. Landasan penentuan hari lahir tidak didasarkan pada perundangan-undangan, melainkan didasarkan pada Perang Makassar yang berlangsung pada 1666-1669.

Berdasarkan segi yuridis formal, seharusnya Hari Jadi Sulsel jatuh pada atau ditetapkan pada 13 Februari 1964. Tanggal tersebut yakni momentum diundangkannya pada Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1964 tentang Pembentukan Daerah Tingkat I Sulawesi Tengah dan Daerah Tingkat I Sulawesi Tenggara. Mengubah Undang-Undang Nomor 47 Pcp Tahun 1960 dicapai dengan pemekaran daerah yang menghasilkan undang undang tentang Pembentukan Daerah Tingkat I Sulawesi Utara Tengah dan Daerah Tingkat I Sulawesi Selatan Tenggara. Pada UU Nomor 47 Tahun 1960, dijelaskan bahwa Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan sempat bergabung.

Mengacu pada tanggal 19 Oktober pada Sidang Kedua Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada 19 Agustus 1945. Dalam sidang tersebut, Republik Indonesia (yang baru berusia dua hari) membagi wilayah Indonesia ke dalam delapan provinsi. Salah satunya Provinsi Sulawesi, dengan Dr. Gerungan Saul Samuel Jacob “Sam” Ratulangi sebagai Gubernur. Tetapi, untuk acuan yang digunakan atau sembagai bentuk simbolis peringatan hari lahir dari Sulawesi Selatan ini berdasarkan berakhirnya perang Makassar antara Gowa-tallo yang pada akhirnya tanggal 19 Oktober sebagai acuan hari jadi Sulawesi Selatan.

Pada hari ulang tahun Sulawesi Selatan yang ke-353 mengusung tema untuk kegiatan hari jadinya. Tema besar HUT Sulsel tahun 2022 menyiratkan optimisme pembangunan di Sulawesi Selatan. Tema Hari Jadi Sulsel ke-353 tahun 2022 adalah “Sulsel Optimis, Sulsel Tangguh, Ekonomi Berdaulat”. Makna dari tema yaitu Sulsel Optimis bermakna sejalan dengan komitmen pemerintah dan masyarakat yang bersama-sama bersinergi dalam sebuah optimisme. Sulsel Tangguh bermakna melahirkan keyakinan dalam kebersamaan dalam menghadapi segala tantangan dan hambatan. Ekonomi Berdaulat bermakna menekankan semangat gotong-royong Bersama-sama membangun untuk kemandirian Sulawesi Selatan menuju masyarakat adil, Makmur, dan sejahtera.

Reporter : Auliana Bestary Isma

Loading

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *