Penutupan PKTIR (23/10/22) (Doc. Ist)

BIOma – Kegiatan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Remaja (PKTIR) telah sampai di penghujung kegiatan, yakni acara penutupan yang telah ditutup oleh Dewan Pembina LPM Penalaran UNM, dalam hal ini diwakili oleh Fitrah Asma Darmawan. Pelaksanaan penutupan PTKIR ini bertempat di Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Regional V Makassar pada hari Minggu (23/10/22).

Selama rangkaian kegiatan para peserta telah melalui proses yang panjang, mulai dari kegiatan pelatihan dan pendampingan penyusunan KTI, melaksanakan penelitian lapangan, hingga akhirnya sampai pada tahap presentasi hasil oleh 25 tim peneliti yang terbagi ke dalam 2 bidang  yakni bidang Sains dan Sosial. Selain itu, para peserta juga melaksanakan Wisata Ilmiah di Benteng Fort Rotterdam Makassar yang bertujuan untuk meningkatkan kepekaan siswa terhadap fenomena yang ada di lingkungan sekitarnya.

Acara penutupan PKTIR juga dirangkaikan dengan pengumuman kelulusan peserta. Sebanyak 49 peserta dinyatakan lulus kegiatan PKTIR ini. Acara penutupan di akhiri dengan agenda penganugerahan bagi peserta yang paling aktif selama mengikuti pelatihan.

Hasmiranda salah satu peserta menyampaikan kesannya setelah mengikuti pelatihan ini.

“Saya sangat terkesan dengan kegiatan PKTIR ini, terutama kepada mentor dan panitia yang telah memberikan banyak ilmu dan pelajaran kepada saya dan teman-teman, pada Negeri Kita Berdaya” ujarnya.

Muh. Henri selaku Ketua Panitia PKTIR mengucapkan selamat kepada seluruh peserta yang berhasil menyelesaikan penelitiannya sekaligus menyampaikan harapannya.

“Saya ucapkan selamat kepada seluruh peserta yang telah menyelesaikan penelitiannya. Harapannya agar ilmu yang diperoleh tidak berhenti di diri masing-masing peserta, tetapi mampu menyebarkan ilmu yang bermanfaat ini kepada teman-teman di sekitarnya,” ujarnya.

Ketua Umum LPM penalaran UNM, Adil Awal berharap agar kegiatan PKTIR bukanlah akhir dari proses belajar tetapi menjadi awal dari lahirnya peneliti yang hebat.

Pada penutupan PKTIR Tahun 2022 kali ini saya berharap teman-teman peserta tidak menjadikan ini sebuah akhir dari perjalanannya belajar tentang KTI, namun ini awal dari mengembangkan minat dan bakat dalam bidang penulisan“, harapnya.

Senada dengan hal tersebut, Fitrah Asma Darmawan selaku Demisioner pengurus LPM Penalaran juga menyampaikan harapannya kepada para peserta PKTIR yang telah lulus.

“Harapannya ilmu yang didapat dari kegiatan PKTIR tidak terhenti sampai di sini, tetapi juga dapat dikembangkan hingga dapat meraih prestasi hingga ke tingkat internasional.” harapnya.

Reporter: Nuramaliah Nasir

Loading

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *