Sosialisasi KM angkatan 5 tahun 2023 (Doc. LPM BIOma)

BIOma – Direktorar Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Dikti) kembali mengadakan sosialisasi program Kampus Mengajar Angkatan 5 Tahun 2023 bagi Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta di wilayah LLDIKTI seluruh Indonesia. Sosialisasi ini dilaksanakan secara live di Youtube channel Ditjen Dikti dan juga Zoom Meeting Cloud, Kamis (27/10).

Kampus Mengajar merupakan salah satu program dari Kampus Merdeka yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat belajar di luar kelas selama satu semester dengan menjadi mitra guru. Kegiatan ini bertujuan untuk dapat berinovasi dalam pengembangan strategi dan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif di satuan pendidikan sasaran dengan fokus pada peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa di sekolah sasaran.

Dilansir dari kampusmerdeka.kemdikbud.o.id, ada beberapa alasan mengapa kita harus mengikuti program Kampus Mengajar, diantaranya: (1) Terlibat langsung sebagai mitra guru, kepala sekolah, dan tenaga kependidikan di sekolah sasaran dalam menyusun dan melaksanakan strategi pembelajaran di sekolah, (2) Berkontribusi secara langsung sebagai agen perubahan dalam pendidikan Indonesia, (3) Mengasah jiwa kepemimpinan, pemecahan masalah, kemampuan komunikasi, berpikir analitis, kreativitas, dan inovasi langsung dari lapangan, dan (4) Menambah jejaring pertemanan dengan sesama mahasiswa di sekolah penempatan.

PLT Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Sri Gunani Pratiwi mengakatan bahwa program ini dilaksanakan untuk dapat meningkatkan skill yang nantinya diperlukan dalam menghadapi tantangan dunia kerja.

“Program Kampus Mengajar diluncurkan dengan niat baik diiringi dengan cita-cita luhur sebagai medium untuk meningkatkan skill yang nantinya akan diperlukan dalam menghadapi tantangan dunia kerja di masa yang akan datang. Kami juga mengharapkan komitmen dari Perguruan Tinggi untuk bisa mengakui hasil pembelajaran adik-adik mahasiswa yang mengikuti progam ini dengan memberikan rekognisi sebesar 20 SKS,” ungkapnya.

Pelaksanaan Kampus Mengajar (KM) ini akan dimulai pada Tahun 2023 mendatang. Ada dua acuan apabila mengikuti KM 5 ini, yakni (1) pengakuan Satuan Kredit Semester (SKS), (2) bahan kajian keilmuan prodi, KPT, KKNI, akreditasi. Rincian kegiatan mahasiswa KM 5 dimulai dari pembekalan dengan durasi waktu 70 jam, penugasan di SD dan SMP dengan durasi waktu 577 jam, berpartisipasi dalam kegiatan koordinasi dengan tim program dengan durasi waktu 23 jam, dan penyusunan laporan 26 jam.Pembukaan KM angkatan 5 ini dibuka pada tanggal 1-13 November 2022. Tahap selesksi dilaksanakan pada tanggal 14 November 2022 sampai 1 Januari 2023. Pengumuman akan diinfokan pada tanggal 2-20 Januari 2023. Untuk koordinasi dengan Disdik dan sekolah dimulai pada tanggal 24 Januari – 17 Februari 2023, serta pembelakan pada tanggal 23 Januari – 16 Februari 2023.

Kesempatan ini terbuka luas bagi 18.000 mahadiswa D3, D4/Sarjana Terapan, dan Sarjana, serta 1.800 untuk Dosen Pembimbing Lapangan. Adapun syarat peserta KM angkatan 5, yaitu: (1) Mahasiswa aktif baik akademik maupun vokasi, (2) Berasal dari prodi terakreditasi, (3) Minimal semester 4, (4) IPK minimal 3.00, (5) Mengunggah surat Pakta Integritas, (6) Memperoleh surat rekomendasi dari pimpinan perguruan tinggi, minimap ditandaangani oleh wakil dekan, (7) mengunggah transkip nilai IPK, (8) Mengunggah surat izin orang tua, (9) Mengunggah surat keterangan sehat, (10) Mengunggah sertifikat prestasi, pengalaman mengajar dan/atau pengalaman berorganisasi jika ada, (11) Belum pernah ditetapkan sebagai peserta program Kampus Mengajar angkatan sebelumnya, dan (12) Bersedia mengikuti program sampai selesai.

Reporter: Putri Ramadhani Sakaria

Loading

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *