Ilustrasi belajar tidak efektif (Doc. Int)

BIOma – Bagi para siswa maupun mahasiswa belajar merupakan sebuah kewajiban sebagaimana predikatnya sebagai seorang pelajar. Padatnya jam kerja terkadang menjadi kendala besar ketika ingin melakukan banyak hal. Belajar yang efektif sangat penting, tetapi tidak semua orang menemukan metode atau tips yang cocok untuk dirinya sendiri.

Dilansir dari sciencehunter.id, ada beberapa tips belajar yang efektif walaupun ditengah kesibukan, di antaranya 1) Teknik Active Recall, konsep active recall berarti mengingat secara aktif. Professor Portland University, seorang psikologi kognitif menyatakan secara rata-rata, kita akan melupakan 50% dari informasi yang kita pelajari dalam satu jam dan dalam 24 jam, kita bisa lupa 70% dari materi tersebut. Informasi yang biasanya diulang secara terus menerus jadinya bisa masuk dalam long term memory, 2) Teknik Feyman ditemukan oleh Richard P. Feynman, konsepnya yaitu belajar dengan cara mengajarkan kepada orang lain dengan syarat kita terlebih dahulu harus paham, dan 3) Teknik Pareto, menekankan belajar sedikit, tapi hasil bukit. Ditemukan oleh Vilfredo Pareto, seorang sosiolog Italia. Belajar dengan cara ini menggunakan 80% efek, 20% penyebab. Artinya kita harus bisa banget mencari 20% bagian paling penting dalam pembelajarannya.

Selain 3 teknik itu, ada juga tips dan trik yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan hasil belajar. Pertama, paham dengan gaya belajar yang digunakan. Misal, lebih senang belajar dengan audio, maka bisa dicoba bahan ajar yang menggunakan audio, jangan dipaksakan untuk membaca terus menerus. Kedua, mengetahui waktu belajar yang efektif. Ini akan membantu untuk mempercepat proses belajar. Bisa juga dengan melakukan penjadwalan dengan menjauhkan segala distraction yang bisa menganggu. Terakhir, jangan terus-terusan belajar karena setiap orang perlu meditasi dan juga hiburan.

Reporter : Tanriati

Loading

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *