Ilustrasi Seorang Public Speaker (Doc. Int)

BIOma – Berbicara di depan umum merupakan sebuah softskill yang harus dimiliki oleh setiap orang. Dalam dunia pendidikan, seseorang dituntut untuk bisa berkomunikasi secara efektif. Terkadang seseorang dimintai untuk menjadi moderator atau presenter dalam sebuah kegiatan dan hal ini pula yang mengharuskan untuk menguasai public speaking.

Menurut skillacademy.com, dengan menguasai public speaking, seseorang dapat menyampaikan gagasan, ide, informasi atau hal lainnya dengan baik. Selain itu, seseorang bisa menjadi percaya diri dan mampu memimpin orang lain.

Public speaking yang baik tentunya berasal dari pembicara yang baik pula. Dalam melakukan komunikasi baik itu presentasi, memimpin rapat, menyampaikan berita, tentunya harus dilakukan dengan menarik. Seseorang cenderung akan lebih bosan dan tidak peduli jika cara penyampaian informasi yang monoton, kurang jelas, dan kaku.

Dikutip dari glints.com, terdapat tips dan trik untuk seseorang agar dapat berbicara di depan umum dengan menarik, yaitu 1) Berbicara dengan tempo yang pelan dan beri jeda sejenak di tengah-tengah pembicaraan, 2) Menguasai materi dengan baik, 3) Latihan di depan cermin, 4) Memperhatikan penampilan agar audiens nyaman, 5) Gunakan bahasa tubuh yang bersifat menguatkan, dan 6) Lakukan kontak mata serta selalu ucapkan terima kasih di setiap akhir pembicaraan.

Reporter : RM 2

Loading

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *