Ilustrasi Persiapan TOEFL (Doc. Int)

BIOma – Bahasa Inggris akhir-akhir ini menjadi hal yang sangat krusial. Banyak persyaratan kerja dan studi lanjutan yang mulai menjadikan nilai tes Bahasa Inggris sebagai tolok ukur kemahiran calon pendaftarnya. Salah satu tes Bahasa Inggris yang sering diadakan ialah TOEFL.

TOEFL atau Test of English as a Foreign Language (Tes Bahasa Inggris sebagai bahasa asing), yang dibuat oleh Educational Testing Service (ETS), sebuah lembaga di Amerika Serikat. Tes ini dilakukan untuk menguji kemampuan Bahasa Inggris seseorang tanpa dikaitkan secara langsung dengan proses belajar mengajar. TOEFL ini sebenarnya tidak wajib dilakukan, tetapi bagi beberapa Universitas ternama di Indonesia nilai TOEFL sudah menjadi syarat kelulusan.

Komponen TOEFL sendiri mencakup reading comprehension, grammar structure and written expression, writing, dan listening comprehension.

Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh jika mengikuti TOEFL, yaitu (1) Nilai TOEFL tak jarang dimasukkan sebagai salah satu syarat untuk mendaftar beasiswa baik di dalam negeri atau di luar negeri, (2) TOEFL merupakan indikator untuk memastikan mahasiswa yang berasal bukan dari negara yang menggunakan Bahasa Inggris, dan menjadi tolok ukur mahasiswa dapat mengikuti perkuliahan dan kehidupan dengan baik di negara yang menggunakan Bahasa Inggris, (3) Nilai TOEFL yang tinggi (di atas 500) tentu menjadi jaminan bahwa mahasiswa dapat mengerjakan tugas, ujian serta menjalani kehidupan dengan baik di negara lain, juga (4) Fresh Graduate yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris tentu menjadi poin tersendiri bagi perusahaan yang sedang mencari pegawai.

Untuk sukses menghadapi TOEFL tentu ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dengan matang yaitu belajar yang matang, perbanyak latihan soal, mengikuti kursus Bahasa Inggris, mengetahui sistem penilaian tes, dan tentu saja memilih lembaga pelaksana tes yang berstandar Internasional.

Reporter : RM 10

Loading

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *