Ilustrasi membaca (Doc. Int)

BIOma – Membaca buku merupakan salah satu aktivitas yang sangat bermafaat untuk dimiliki setiap orang terutama seorang mahasiswa agar mempermudah untuk mendapatkan informasi. Tetapi, di masa sekarang sangat jarang ditemui mahasiswa membaca buku karena mereka fokus pada kemajuan teknologi sehingga para mahasiswa lebih memilih memainkan gadget di waktu luang dibandingkan membaca untuk menambah informasi mereka serta pengetahuannya.

Kondisi yang serba instan membuat pola pikir atau mindset seorang mahasiswa berubah dengan keberadaan mesin pencari informasi tersebut, sehingga membuat minat untuk belajar menjadi menurun. Keberadaan sosial media ibarat candu yang membuat mahasiswa selalu ingin mengaksesnya. Sebagian mahasiswa menjadi lebih antusias dengan penggunaan sosial media ketimbang membaca dan belajar. Hal tersebut dinilai cukup mengkhawatirkan dan perlu antisipasi yang tepat agar motivasi dan minat baca mahasiswa bisa kembali tumbuh.

Dilansir dari deepublishstore.com, ada beberapa tips agar mahasiswa dapat meningkatkan minat membaca, yaitu (1) Harus dipaksa membaca, karena ketika malas membaca muncul, yang harus kamu lakukan adalah melawan kemalasan tersebut, (2) Biasakan membaca, dengan membiasakan diri untuk rutin membaca maka kamu akan terbiasa membaca dalam keadaan apapun, (3) Berkumpul dengan sesama yang memiliki hobi membaca, cobalah mulai berkumpul dengan rekan sesama teman yang hobi membaca, (4) Berdiskusi dan bergabung di komunitas, dan (5) Memiliki list buku populer atau rekomendasi.

Reporter : RM 1

Loading

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *