Ilustrasi beasiswa (Doc. Int)

BIOma – Kini telah banyak beasiswa yang tersedia di perguruan tinggi terkhususnya bagi calon mahasiswa baru. Dengan adanya bantuan beasiswa, calon mahasiswa tidak perlu khawatir untuk berhenti kuliah karena faktor biaya kuliah. Maka dari itu, telah terbuka kesempatan bagi calon mahasiswa baru dengan memanfaatkan beasiswa untuk meringankan biaya pendidikan.

Dilansir dari detik.com, dalam mewujudkan misi memajukan pendidikan di Indonesia, terdapat bebeberapa beasiswa untuk calon mahasiswa baru. Beasiswa di bawah ini menawarkan sejumlah manfaat. Mulai dari biaya pendidikan hingga uang saku. Selain itu, beberapa beasiswa ini juga menawarkan biaya pendidikan gratis sampai lulus.

Beasiswa tersebut di antaranya 1) Beasiswa KIP Kuliah, beasiswa satu ini berasal dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Ditujukan bagi siswa berprestasi yang memiliki kendala ekonomi untuk melanjutkan jenjang pendidikan. Beasiswa KIP Kuliah mencakup biaya pendidikan hingga uang saku. Informasi lebih lanjut dapat diakses di https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id, 2) Beasiswa Unggulan, Beasiswa Unggulan juga dinaungi oleh Kemendikbudristek. Beasiswa ini terbuka bagi yang ingin melanjutkan pendidikan S1-S3 secara gratis. Beasiswa Unggulan menawarkan biaya perkuliahan, uang saku, dan biaya pengembangan. Pendaftaran Beasiswa Unggulan bisa diakses di https://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/, dan 3) Beasiswa PPA dan BBM, kedua jenis beasiswa ini merupakan bagian dari upaya pemerintah bagi para mahasiswa melalui Direktorat Jenderal pendidikan tinggi. Mahasiswa berhak memperoleh anggaran bantuan pendidikan sebagai mahasiswa kurang mampu supaya dapat meringankan pendidikan dan tentunya dalam memperoleh ini memiliki syarat yaitu sebagai mahasiswa prestasi dalam bentuk ekstrakulikuler atau intrakulikuler.

Reporter : Rizkylla Nur Hajirah

Loading

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *