Foto Bersama Steering Committe dan Peserta Pra Pengaderan HMJ Biologi FMIPA UNM (Doc. Ist)

BIOma – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) baru saja menggelar Pra Pengaderan di ruang FF 103-105 FMIPA UNM, Sabtu-Minggu (17-18/06). Kegiatan ini menghadirkan empat pemateri yang merupakan Demisioner HMJ Biologi FMIPA UNM diantaranya Ari Affandy Mahyuddin dengan materi Kaderisasi, Nurafni Darwis dengan materi Tupoksi Kepanitiaan dan Aklimator, Kultur Biologi dibawakan langsung oleh Budi Setiawan serta materi Pengaderan oleh Fauzan.

Kegiatan ini bersifat wajib sebelum dilaksanakan pengaderan sebagai bentuk pembekalan kepada panitia, pengurus, dan semua yang terlibat dalam pengaderan nanti. Segala bentuk tindakan atau pola pengaderan nanti, harus terstruktur secara sistematis, sesuai dengan pedoman pengaderan.

Ali Baba, Koordinator Steering Committee menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan syarat menjadi panitia dan aklimator dalam Ekologi 2023.

“Tidak boleh ada gerakan tambahan, apalagi di luar dari teman-teman kepanitiaan. Jadi apabila ada teman-teman yang tidak mengikuti pra pengaderan maka tidak berhak menjadi panitia maupun aklimator,” ungkapnya.

Menurut salah satu pengurus HMJ Biologi FMIPA UNM, Sri Wahyuni memaparkan bahwa dalam pelaksanaan Pra Pengaderan ini merupakan langkah menuju Ekologi 2023 yang merupakan suatu wadah dalam kaderisasi mahasiswa baru biologi FMIPA UNM.

“Sebelum pengaderan memang perlu dilaksanakan pra pengaderan sebagai bekal agar tujuan yang dituju sesuai dengan pedoman pengaderan sehingga dapat terlaksana dengan sukses,” tuturnya.

Sarah Shaista Amrullah, peserta Pra Pengaderan juga menuturkan bahwa kegiatan ini menghadirkan materi yang sangat menarik untuk bekal dalam pelaksanaan ekologi 2023.

“Pra Pengaderan ini memberikan ilmu baru. Ilmu yang saya dapatkan itu bagaimana cara menghadapi, membimbing dengan baik adik mahasiswa baru,” jelasnya dalam wawancara.

Adapun harapan dari pelaksanaan kegiatan ini disampaikan langsung oleh Ali Baba saat ditemui di tempat kegiatan.

“Kalau untuk ekologi sendiri, khususnya angkatan 2023, agar bagaimana mereka dapat mengenal Jurusan Biologi dan segala civitas di dalamnya. Jangan sampai kita menganggap bahwa pengaderan adalah suatu ajang balas dendam senior ke junior. Haruslah kita maknai pengaderan ini sebagai hal positif, untuk membina hubungan, kepada adik adik baru,” pintanya.

Reporter: Andi Rizka Putri Muliadi dan Muhammad Fadhil Jufri

Loading

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *