Pamflet pendaftaran IRIF (Doc. Int)

BIOma – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengadakan Indonesia Research and Innovation Fair (IRIF). IRIF merupakan wadah eksplorasi, kompetisi, dan ekshibisi hasil riset inovasi dengan tujuan untuk meningkatkan kreativitas, memberikan apresiasi, serta memunculkan bibit talenta unggul di bidang riset-inovasi.

Dalam upaya untuk mendorong partisipasi aktif mahasiswa dalam kegiatan riset, BRIN menyelenggarakan kompetisi ilmiah setiap tahun. Kompetisi ini melibatkan berbagai disiplin ilmu, termasuk sains, teknologi, kedokteran, sosial, dan humaniora. Tujuan utamanya adalah mengidentifikasi dan menghargai penelitian berkualitas tinggi serta solusi inovatif yang telah dihasilkan oleh mahasiswa di seluruh Indonesia.

Melalui kompetisi ilmiah ini, BRIN berharap dapat memotivasi mahasiswa untuk terlibat aktif dalam riset dan inovasi, serta memajukan bidang-bidang ilmu yang berpotensi memberikan dampak positif bagi masyarakat. Selain itu, kompetisi ini juga menjadi ajang untuk menggali bakat dan potensi riset yang belum terungkap di kalangan mahasiswa Indonesia.

Kompetisi pada IRIF ini terbagi menjadi dua, yaitu Scholar Research Competition (SRC) yang merupakan kompetisi riset tugas akhir untuk mahasiswa setingkat Sarjana (S1/D4) dan Pasca-Sarjana (S2) dan Research Poster Competition (RPC) yang merupakan lomba poster ilmiah yang ditujukan untuk meningkatkan kreativitas serta kapasitas peserta dalam publikasi riset melalui media poster.

Ada beberapa kriteria peserta untuk kompetisi IRIF ini, di antaranya (1) Perorangan dan bukan kelompok, (2) WNI atau WNA, (3) Level pendidikan S1/D4 dan S2, (4) Semua umur dan semester yang telah menyelesaikan tugas akhirnya (skripsi/tesis) dan dinyatakan lulus dalam kurun waktu satu tahun terakhir dihitung dari tanggal pendaftaran SRC setiak tahun penyelenggaraannya, (5) Non civitas BRIN, dan (6) Submit riset tugas akhir full paper.

Adapun timeline IRIF, yaitu (1) Pendaftaran pada Mei-Juli, (2) Seleksi administrasi dan substansi pada bulan Agustus, (3) Pengumuman finalis pada bulan Agustus, (4) Workshop Research Poster Competition pada bulan Agustus, dan (5) Pameran IRIF, Kompetisi Poster, Presentasi dan Wawancara Final SRC pada bulan September.

Pendaftaran akan ditutup pada tanggal 31 Juli 2023, untuk info lebih lanjutnya bisa dilihat melalui link pendaftaran berikut https://irif.brin.go.id.

Reporter: Nur Nazhifah Adyputri

Loading

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *