Ilustrasi Situs Pencari Jurnal Internasional (Doc. Int)

BIOma – Bagi mahasiswa, istilah jurnal pasti tidak asing lagi terdengar. Bahkan telah menjadi asupan sehari-hari dalam membantu untuk penyelesaian tugas akademik di bidang tertentu. Jurnal ilmiah biasanya dijadikan sebagai referensi yang dapat menguatkan argumen dan menjawab segala pertanyaan yang bersangkutan dengan ilmiah. Terkhususnya bagi mahasiswa semester akhir yang juga membutuhkan jurnal sebagai pembuktian dan mendukung penelitian.

Salah satu jurnal kredibel yang biasa digunakan ialah jurnal internasional. Pesatnya kemajuan teknologi, banyak menghasilkan jurnal-jurnal internasional yang mudah dicari secara online. Jurnal yang tersedia dapat diakses secara gratis dan bisa dijadikan sebagai referensi.

Dilansir dari detik.com, terdapat 12 rekomendasi situs jurnal internasional yang tersedia secara gratis, yaitu (1) Directory of Open Acces Journal (DOAJ), (2) ResearchGate, (3) SpringerOpen, (4) Interntional Journal of Education and the Arts (IJEA), (5) arXiv, (6) Public Library of Science (PLOS), (7) PubMed Central, (8) Hindawi, (9) Perpustakaan Nasional (Perpusnas), (10) ProQuest, (11) Academia.edu, dan (12) Google scholar.

Jurnal-jurnal tersebut sangat direkomendasikan karena dapat diakses secara gratis bagi mahasiswa yang mencari jurnal ilmiah sebagai referensi. Namun, yang perlu diperhatikan meskipun gratis, tetapi ada beberapa jurnal atau karya ilmiah yang membutuhkan izin untuk mengaksesnya. Jadi, tidak semua jurnal atau karya ilmiah dapat diakses secara bebas.

Reporter: Rizkyllah Nur Hajirah

Loading

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *