Poster Dana Padanan 2024-Batch II (Doc. Int)

BIOma – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dalam tiga tahun terakhir berupaya mewujudkan ekosistem inovasi melalui kolaborasi antarpemangku kepentingan. Capaian baik dari Kedaireka akan terus berlanjut dengan dibukanya kembali Program Dana Padanan (Matching Fund) di tahun 2024.

Program Dana Padanan merupakan dana padanan dari Pemerintah terhadap dana dan/atau sumber daya yang telah disediakan oleh pihak mitra untuk bekerjasama dengan perguruan tinggi. Seperti halnya pada tahun 2023, pada tahun 2024 Kemendikbudristek menawarkan 2 (dua) skema program kemitraan yang dapat memperoleh pendanaan, yaitu: Skema A, Kemitraan untuk Hilirisasi Inovasi Hasil Riset atau Kepakaran. Skema B, Kemitraan dalam Pemberdayaan Masyarakat atau Efisiensi Tatakelola Pemerintahan.

Pelaksana tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Pendidikan Tinggi pembukaan Program Dana Padanan 2024 dilaksanakan lebih awal agar dapat mewujudkan insan perguruan tinggi memiliki waktu yang cukup untuk segera merancang, mendesain, hingga pada proses evaluasi proposal dapat dilakukan tahun ini. Program Match Fund 2024 tetap fokus pada lima prioritas riset atau rekacipta yang mendukung transformasi Indonesia, seperti ekonomi hijau, ekonomi biru, ekonomi digital, penguatan pariwisata, dan kemandirian kesehatan.

Syarat untuk mengikuti Program Dana Padanan, yaitu mitra berupa Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan (DUDI) dipersyaratkan untuk memiliki skala usaha minimal skala kecil. Namun jika yang menjadi mitra adalah lembaga negara, minimal di tingkat dinas kabupaten/kota. Penerima Manfaat lainnya antara lain seperti: Industri Rumah Tangga (IRT), Usaha Mikro (UM), dan kelompok masyarakat tidak dapat dijadikan sebagai mitra.

Pendaftaran proposal Program Dana Padanan 2024 Batch 2 dibuka mulai 20 Desember 2023 -31 Januari 2024. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kemendikbudristek menyediakan anggaran Rp 750 miliar untuk program 2024 ini.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat dilihat di buku panduan pada link berikut https://backoffice.kedaireka.id/Buku%20Panduan%20Program%20Dana%20Padanan%202024%20-%20Ditjen%20Diktiristek.pdf

Reporter: Alya Fikriyah Anwar

Loading

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *