Tampilan laman UNM Down (Doc. Int)

BIOma – Anonymous UNM (unm.ous) yang merupakan kelompok holakrasi anonim di Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan aksi sebagai bentuk penolakan terhadap Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH). Aksi penolakan yang dilakukan dengan merilis sebuah aplikasi yang membuat website UNM down dengan sekali klik.

Aksi ini dilakukan sebagai bentuk protes terhadap isu PTN-BH, fasilitas yang tidak memadai, serta metode pembelajaran secara daring pasca Covid-19. Mereka merancang aplikasi ini dengan menggunakan Metode Distributed Denial of Servies (DDOS) dan ditargetkan khusus untuk membanjiri traffic dan mengganggu server UNM, sehingga layanan administrasi dan perkuliahan terganggu.

Dilansir dari akun instagram @unm.ous, bahwa penggunaan aplikasi ini didesain untuk semua orang meskipun tidak mempunyai background IT. Mereka juga menjelaskan melalui akun itu bahwa cukup dengan menekan tombol “mulai” atau enter pada keyboard untuk memulai serangan.

“Cukup menekan tombol mulai atau enter pada keyboard untuk bisa memulai serangan, semakin banyak yang menjalankan aplikasi secara bersamaan maka akan semakin efektif untuk menidurkan server UNM,” jelasnya melalui akun instagram @unm.ous.

Selain itu, aksi uji coba serangan DDOS serentak juga telah dilakukan pada pukul 20.00, Kamis (22/02). Uji coba ini dilakukan dengan durasi 21 menit dan menargetkan server unm.ac.id.

Reporter: Alya Fikriyah Anwar

Loading

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *