Ilustrasi orang yang terkena post-holiday blues (Doc. Int)

BIOma – Setelah liburan yang panjang, seringkali sulit untuk kembali beradaptasi dengan rutinitas kerja. Bahkan, ada yang merasa sedih atau malas untuk kembali bekerja. Hal ini disebut sebagai “Post-Holiday Blues“. Ini bukan berarti seseorang malas, melainkan fenomena psikologis yang umum dialami setelah liburan.

Meskipun wajar dialami, jika gejala tersebut berlangsung selama lebih dari dua minggu, penting untuk segera berkonsultasi dengan tenaga medis karena membutuhkan penanganan profesional.

Dilansir dari detikhealth.com, Post-Holiday Blues dapat dirasakan saat mempersiapkan diri untuk kembali beraktivitas dan juga dapat disebabkan oleh rasa kesepian yang muncul setelah berpisah dengan orang-orang tersayang pasca liburan.

Menurut sumber dari liputan6.com, ada beberapa solusi cerdas untuk proses detoks setelah liburan yang dapat Anda lakukan, yaitu (1) Memasak makanan sendiri, mampu untuk membantu mengembalikan pola makan yang sehat dan mengurangi konsumsi kalori berlebihan yang mungkin terjadi selama liburan, (2) Menambahkan sayuran ke dalam diet membantu meningkatkan kesehatan tubuh dan membantu dalam proses detoksifikasi setelah liburan, (3) Mengonsumsi banyak air mineral, membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan menggantikan minuman-minuman berkalori tinggi yang mungkin dikonsumsi selama liburan, dan (4) Tidur yang cukup, penting untuk memulihkan energi setelah perjalanan panjang dan membantu dalam kembalinya ke rutinitas kerja.

Reporter : RM 2

Loading

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *