Sosialisasi MSIB Batch 7 Untuk UNM (Doc. LPM BIOma)

BIOma – Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali mengadakan sosialisasi program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) yang digelar setiap tahunnya. Tahun ini, MSIB memasuki batch yang ke-7 sebagai salah satu program MBKM yang merupakan kebijakan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Sosialisasi dilaksanakan secara daring melalui Zoom yang diikuti oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UNM, Ketua Tim MBKM, Pimpinan Fakultas, dosen, dan mahasiswa dari berbagai jurusan di UNM, Rabu (22/05).

Pendaftaran dibuka sejak tanggal 26 April 2024 dan akan ditutup tepat pada tanggal 10 Juni 2024. Mahasiswa dapat melakukan pendaftaran melalui platform kampus merdeka dan mengumpulkan dokumenya secara lengkap pada saat pendaftaran.

Adapun persyaratan pendaftaran mahasiswa untuk program MSIB batch ke-7 adalah mahasiswa dari PTN/PTS D2, D3, D4, S1 dan Warga Negara Indonesia (WNI), minimum semester saat mendaftar yaitu untuk vokasi (D2-D4) minimal semester 2, dan S1 minimal semester 4. Selain itu, mahasiswa merupakan mahasiswa aktif saat mengikuti MSIB, memperoleh izin (orang tua, ketua program studi, dan Pimpinan Perguruan Tinggi), serta mendaftar di situs website kampusmerdeka.kemdikbud.go.id.

Adapun persyaratan dokumen pendaftaran yang wajid dipersiapkan mahasiswa di antaranya KTP, asuransi kesehatan, transkip nilai, CV, dan sertifikat pengalaman organisasi (opsional).

Selain itu, pada batch 7 ini juga, Kemendikbud akan menyediakan kuota sebanyak 49.610 peserta, dengan rincian magang 33.610 peserta dan studi independen sebanyak 16.000 peserta.

Risza Putri Elburdah selaku narasumber sosialisasi program MSIB batch 7 menyampaikan bahwa tujuan MSIB adalah untuk mengurangi kesenjangan SDM dengan permintaan industri.

“MSIB hadir untuk mengurangi kesenjangan antara ketersediaan SDM berkualitas dengan permintaan industri, kita ingin yang telah mengikuti MSIB ini menjadi SDM yang berkualitas,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan harapanya bahwa ketika nantinya telah lulus kuliah, mahasiswa bisa cepat mendapatkan pekerjaan dan berdasarkan survei yang telah dilakukan, bahwa saat MSIB ini belum selesai, sudah ada yang langsung ditawarkan jadi karyawan di mitra tersebut.

Hasnawi Haris, selaku Wakil Rektor Bidang Akademik UNM membuka sosialisasi program MSIB angkatan ke-7 dengah menyampaikan 7 keuntungan mengikuti program MSIB, yaitu (1) Pengalaman kerja, (2) Pembelajaran praktis, (3) Jaringan professional, (4) Kesempatan kerja, (5) Peningkatan CV, (6) Pembelajaran tentang budaya kerja, dan (7) Pengembangan keterampilan lunak (soft skills).

Wakil Rektor Bidang Akademik UNM ini juga berharap kepada calon peserta MSIB agar menjadi wakil atau representasi dengan menjaga nama baik UNM.

“Anda harus memastikan bahwa Anda adalah wakil atau representasi dari UNM sehingga dimanapun Anda nanti menjadi peserta dalam program ini, pastinya harus menjaga nama baik dan menjaga marwah UNM,” harapnya.

Reporter: Fatima

Loading

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *