Ilustrasi pendaftaran jalur Mandiri UNM Tahun 2024 (Doc. LPM BIOma)

BIOma – Tahun 2024 ini, Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali menerima calon mahasiswa baru jenjang Diploma atau Sarjana melalui jalur seleksi nasional dan seleksi mandiri. Jalur seleksi nasional yang dibuka oleh UNM adalah SNBP dan SNBT, yang dimulai lebih awal daripada jalur mandiri. Pendaftaran SNBP dimulai pada bulan Februari, diikuti oleh SNBT yang dibuka pada bulan Maret-April.

Bagi calon mahasiswa yang belum berhasil lolos seleksi melalui jalur SNBP atau SNBT, UNM menyediakan kesempatan terakhir melalui jalur mandiri. Jalur ini dibuka bagi mereka yang sangat berminat masuk UNM, dengan pendaftaran yang berlangsung dari 3 Juni hingga 28 Juni 2024. Setelah pendaftaran, tahap berikutnya adalah Ujian Tulis Berbasis Komputer dalam bentuk Tes Potensi Akademik yang akan diadakan selama tiga hari dari tanggal 2 hingga 4 Juli 2024. Hasil seleksi jalur mandiri akan diumumkan pada 12 Juli 2024.

Adapun cara untuk bisa mendaftar di jalur mandiri UNM, tentunya harus memenuhi semua persyaratan umum pendaftaran, yaitu (1) Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK), (2) Lulusan siswa SMA/MA/SMK/Sederajat tahun 2022, 2023, dan 2024 dengan siswa lulusan tahun 2022 dan 2023 telah memiliki ijazah dan lulusan tahun 2024 memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, (3) Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), (4) Siswa yang dinyatakan lulus seleksi jalur SNBP 2024 tidak dapat mengikuti seleksi ini, (5) Siswa yang dinyatakan telah seleksi jalur SNBT 2024 dan telah melakukan proses pendaftaran ulang tidak dapat diterima pada seleksi ini, dan (6) Sehat jasmani dan rohani sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.

Info lebih lanjut terkait pendaftaran Jalur Mandiri UNM dapat diakses melalui laman http://daftar-pmbm.unm.ac.id/.

Reporter: Arya
Ilustrator: Arya

Loading

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *