Ilustrasi bantuan UKT KM 6 yang tak kunjung cair (Doc. LPM BIOma)

BIOma – Program Kampus Mengajar merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diusung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek). Saat ini Kampus Mengajar telah memasuki pendaftaran untuk angkatan ke-8. Namun, bantuan UKT untuk mahasiswa yang mengikuti Kampus Mengajar angkatan ke-6 di UNM belum kunjung cair.

Beberapa mahasiswa UNM yang termasuk ke dalam angkatan ke-6 Program Kampus Mengajar (KM) mengeluhkan informasi pencairan bantuan UKT KM 6 yang kebenarannya tak kunjung ada.

Arham, salah satu mahasiswa KM 6 dari Jurusan Biologi menyampaikan bahwa informasi dari pihak MBKM UNM yang mengatakan bahwa pencairan bantuan UKT tidak akan lewat dari tanggal 1 Juni lalu. Namun, hal tersebut tidak sesuai dengan apa yang telah disampaikan.

“Informasi terakhir dari pihak koordinator perguruan tinggi bahwa pencairannya tidak lewat pekan lalu, tapi nyatanya belum cair sampai sekarang, alasannya masalah tanda tangan rektor baru, data-data yang belum bagus dan pergantian rektor,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan harapannya terkait pencairan UKT tersebut karena menganggap pihak perguruan tinggi hanya memberikan alasan untuk menenangkan mahasiswa sedangkan ada banyak mahasiswa yang mengeluhkan hal tersebut.

“Harapan saya semoga koordinator perguruan tinggi bisa mempertanggung jawabkan informasi yang diberikan kepada pihak mahasiswa KM 6 dengan segera mencairkan bantuan UKT tersebut,” tambahnya.

Andi Faturrahman, yang juga merupakan mahasiswa KM 6 dari Jurusan Fisika menyampaikan perasaan kecewa terhadap pihak perguruan tinggi karena sebelumnya disampaikan bahwa dana sudah masuk sejak bulan April dan akan dicairkan dalam waktu dekat.

“Saya merasa sedikit kecewa karena beasiswa tersebut merupakan hak mahasiswa, pihak PT menyampaikan bahwa dana sudah masuk sekitar bulan April dan akan dicairkan dalam waktu dekat namun lewat dari minggu pertama bulan Juni masih belum ada kejelasan,” jelasnya.

Faturrahman juga berharap agar proses pencairan dana bantuan UKT tersebut dimudahkan dan transparan kepada semua mahasiswa yang bersangkutan.

Reporter: Nurul Humairah & Nurul Istiqomah Aulia Umar
Ilustrator: Salsabilah

Loading

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *