Jamur Enoki (Doc. Int)

BIOma – Jamur Enoki merupakan salah satu jenis jamur yang banyak dibudidayakan di Asia, terutama di Jepang, Korea, dan China. Jamur ini merupakan jamur pangan dengan tubuh buah hasil budidaya berbentuk panjang dan berwarna putih seperti tauge. Jamur enoki memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang ringan, sehingga cocok untuk digunakan dalam berbagai masakan.

Jamur enoki merupakan salah satu jenis sayuran sehat yang banyak dibudidayakan di berbagai daerah. Selain rasanya yang lezat jamur enoki juga memiliki kandungan vitamin, mineral, serta kandungan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga jamur enoki sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Dikutip dari food.detik.com, beberapa manfaat jamur enoki bagi kesehatan, di antaranya:

1. Mencegah radikal bebas
Jamur enoki kaya akan antioksidan, termasuk vitamin C, E, selenium, dan senyawa polifenol. Kandungan antioksidan ini bekerja sama untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan memicu berbagai penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

2. Menjaga Imun Tubuh
Jamur enoki kaya akan polisakarida, protein FVE, dan protein inaktivasi ribosom yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan antioksidannya pun membantu melawan infeksi dan penyakit. Sifat antikanker, antialergi, antibakteri, antivirus, dan antiinflamasi pada jamur enoki turut memperkuat pertahanan tubuh terhadap berbagai penyakit.

3. Menghambat pertumbuhan kanker
Jamur enoki mengandung senyawa sesquiterpenes dan noresquiterpenes yang dapat menghambat pertumbuhan berbagai jenis kanker. Ekstraknya pun kaya akan fenol antioksidan yang membantu memperlambat pertumbuhan sel kanker.

4. Melindungi kesehatan jantung
Kandungan fenol, polifenol, serat, asam linoleat, lovastatin, dan asam gamma-aminobutyric pada jamur enoki dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan kolesterol jahat (LDL), mencegah pembentukan plak di arteri, dan menurunkan tekanan darah tinggi.

5. Meningkatkan fungsi otak
Jamur enoki mengandung senyawa polisakarida yang dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan daya ingat dengan mengurangi kerusakan oksidatif. Jamur enoki menunjukkan potensi sebagai makanan yang bermanfaat untuk kesehatan otak.

Namun, sebelum mengonsumsi jamur enoki sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter, terlebih lagi jamur enoki memiliki efek samping jika digunakan secara berlebihan yang dapat memicu alergi, mual, dan diare. Ibu hamil dan menyusui juga sebaiknya tidak mengonsumsi jamur enoki.

Reporter: Magvira

Loading

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *