Aksi Tolak Penggusuran dan Biaya Kuliah Mahal oleh Aliansi Bara-Baraya Bersatu dan APATIS Makassar (Doc. LPM BIOma)

BIOma – Aliansi Pendidikan Gratis (APATIS) Makassar berkolaborasi dengan Aliansi Bara-Baraya Bersatu menggelar aksi terkait penolakan penggusuran dan biaya kuliah mahal. Aksi ini berlangsung di beberapa titik, salah satunya yaitu di depan Menara Pinisi UNM, Kamis (13/06).

Hal ini pun juga direspon oleh mahasiswa yang ikut tergabung dalam APATIS yang berencana akan mengajukan Judicial Review (JR) terhadap Permendikbudristek No. 2 Tahun 2204 tentang Standar Satuan Operasional Biaya Perguruan Tinggi (SSOBPT) pada tanggal 13 Juni 2024 di Mahkamah Agung.

“Permohonan diajukan karena kami menilai Permen ini hanya berpihak pada segelintir golongan, tidak berpihak pada seluruh khalayak, apalagi rakyat miskin,” ucap Dirga yang merupakan bagian Humas dari APATIS Makassar.

Aksi kali ini, APATIS Makassar berkolaborasi dengan Aliansi Bara-Baraya Bersatu. Alasan kolaborasi ini yaitu karena masyarakat di Bara-Baraya terancam tergusur dan adanya masyarakat yang terancam tergusur tetapi harus tetap mencari uang untuk kuliah anaknya.

“Isunya ketemu disitu, itulah mengapa kami mengadakan kolaborasi ini, karena bersinggungan dengan hak tempat tinggal dan hak pendidikan,” pungkas Dirga dalam wawancara.

Ia juga menegaskan bahwa penggusuran dan pendidikan sama-sama bersinggungan dengan hak asasi manusia.

“Mungkin secara tuntutan, tidak ada kesamaan antara penolakan penggusuran dan biaya kuliah mahal, tetapi keduanya bersinggungan dengan hak asasi manusia yaitu hak tempat tinggal dan hak memperoleh pendidikan,” jelasnya.

Di akhir wawancara, ia mengungkapkan harapannya melalui aksi yang telah dilakukan.

“Tujuan kami satu hanya kampanye, karena kami mau semua khalayak umum tahu bahwa ada 2 masalah besar, yaitu ancaman penggusuran dan ancaman biaya kuliah mahal,” harapnya.

Reporter: Nurazmi Maulida & Nurul Istiqamah Aulia Umar

Loading

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *