Kajian Strategis Biologi (14/06) (Doc. Ist)

BIOma – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) melaksanakan Kajian Strategis Biologi (Kastrab) dengan tema “Paradigma Organisasi vs Akademik”. Kegiatan ini dilaksanakan via zoom meeting pukul 16.00 WITA, Jumat (14/06).

Materi ini dibawakan oleh Alfian Mubaraq selaku Demisioner Ketua Umum HMJ Biologi FMIPA UNM Periode 2020-2021 dan dipandu oleh Manda Fadilla selaku moderator yang merupakan Anggota Bidang Pendidikan dan Pelatihan HMJ Biologi FMIPA UNM Periode 2023-2024.

Kastrab kali ini membahas tentang banyaknya mahasiswa yang berpandangan bahwa bergabung dengan organisasi kampus dapat mengganggu waktu belajar dan memperlambat masa studi. Rapat yang berlangsung berjam-jam, serta kegiatan yang menghabiskan banyak waktu, tenaga, dan pikiran, sering kali dianggap tidak sebanding dengan manfaatnya. Beberapa juga menganggap keterampilan seperti public speaking dan negosiasi tidak begitu penting untuk dipelajari. Sebagai alternatif, mereka lebih memilih mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan kegiatan relawan yang dianggap lebih bermanfaat.

Alfian Mubaraq selaku pemateri menyampaikan bahwa untuk keluar dari zona nyaman, penting bagi mahasiswa untuk terus mencoba, menjaga mindset yang berkembang, dan terus bertumbuh.

“Meskipun tantangan dalam berorganisasi tampak besar, pengalaman berorganisasi dapat memberikan pelajaran berharga dan keterampilan yang berguna di masa depan. Dengan sikap yang positif dan semangat untuk terus belajar, mahasiswa dapat memaksimalkan potensi mereka dan meraih sukses yang lebih besar,” jelasnya.

Manda Fadilla selaku moderator menyampaikan alasan topik ini diangkat karena melihat pandangan mahasiswa tentang organisasi dan akademik yang selalu menjadi bahan perbincangan.

“Kita perlu memahami dari sudut pandang mahasiswa yang berorganisasi dengan mendengar pandangan mereka, kita akan membahas solusi melalui diskusi bersama, karena minat berorganisasi kini menurun. Kita juga akan meminta tips agar akademik tetap berjalan lancar sambil aktif berorganisasi,” ujarnya.

Reporter: Ummul Aulia Irzal

Loading

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *